Kamis, 11 Juli 2013

Kata siapa travelling keluar negeri itu mahal???

ngeliat judul postingan gue diatas, apakah yang ada dibenak kalian semuanya? bagi yang belum pernah travelling keluar negeri pasti jawab, namanya juga keluar negeri, mahal lah pasti.... atau mungkin ada yang sudah pernah pergi keluar negeri, mungkin sebagian jawab, tergantung kemana dulu dong....

Nah.... itu yang mau gue bahas kali ini. 
gini deh, elo selama ini ngimpi sampe ngiler nonton pilem korea, pengen banget ke korea tapi tiba-tiba impian elo itu terhempas bagai karang dihempas ombak gara-gara elo mikir kalo ke korea itu bakal ngabisin duit banyak banget. atau, mungkin elo yang ngefans berat ama pangeran kerajaan malaysia, pengen banget jadi pengganti manohara, ngiler pengen keliling malaysia buat merebut hati pangeran eh impian nista elo itu terjatuh dan tak bisa bangkit lagi gara-gara lagi-lagi elo mikir kalo elo bakal ngabisin duit banyak...
sebenernya, semua impian elo itu terhneti karena dari awal elo emang ga mau kesana, banyak mikirnya sih. elonya cuma bisa mimpi tanpa bangun dari mimpi itu dan berusaha mewujudkannya. elo cuma ngayal-ngayal dan ngayal...
kaloooooo aja elo punya sedikit kenekatan dan keberanian... mungkin elo akan meraih impian elo ke korea atau merit ama pangeran kelantan, ga ada yang ga mungkin guys.
contohnya gue kemaren, kenapa gue akhirnya bisa pergi ke thailand????
sejujurnya, gue dulu awalnya cuma mimpi doang. mimpi ke phi-phi island, ke maya bay yang terkenal karena pilemnya si leonardo di caprio. gue ke thailand karena tujuan awal gue itu, gue ngimpi bisa kesana, ke phi-phi island. cukup lama gue ngimpi, pengen gue wujudin tapi banyak tantangannya!
mulai dari cemoohan temen, sodara, yang gituuu deh bilang kalo gue bakalan susah liburan kesana dan lain-lain, yang sempet bikin gue down, tapi makin lama, what makes me strong is what makes me down... semakin tergila-gilea dan terobsesilah gue dengan thailand, dengan phi-phi islandnya, dengan mario maurer nya bahkan ama ladyboynya! 

akhirnya,,, jeng jeng jeng... gue bisa kan kesana, gue bisa kan ke phi-phi island!!! dan gue ga menemukan hambatan yang berarti! gue ga dimutilasi, ga dijual ke hongkong, ga dijadiin ladyboy, pokoknya gak. gue aman-aman aja. nah, kenapa gue bisa berani gitu??? berani ke tempat yang ga pernah gue tau isinya gimana sebelumnya dengan modal nekat dan "sedikit tabungan".... yup, intinya jangan takut! takut yang gimana sih? nih gue kasih tau contohnya:


1. jangan takut pesen tiket jauh-jauh hari
kan sekarang banyak maskapai low cost alias murheee yang kadang harga tiketnya itu lebih murah daripada harga naek bus di indonesaaah. nah biasanya nih, kalo mereka promo itu, promonya jauhhhh banget. misal, promo sekarang, berangkat taon depan! beneran loh! tapi ya gitu, kalo elo punya sedikit keberanian buat booking, walopun elo ga tau tiket itu bakal kepake atau engga, tapi paling engga elo bakal menghargai tiket itu  dan akhirnya elo "kepaksa" bikin plan dadakan buat beberapa bulan kedepan yang tentunya bakal jadi awal langkah terwujudnya mimpi elo. 
nah problem lain muncul, eelo ga punya duit pas maskapainya lagi promo! nah itulah, elo harus sedikit bekorban, meraih impian kudu berkorban kan? elo mulai sekarang harus nabung, atau kalo elo punya temen kaya raya yang tukang pinjemin duit, elo pinjem aja duitnya asal ga dikasih bunga sekian persen. jangan lupa balikin tepat waktu biar dia mau minjemin lagi bwahahaha.
FYI, maskapai sekelas airasia nerima kartu kredit ama i-banking bca buat booking tiketnya. nah kalo elo ga punya 22 nya gampang! tinggal ke travel agent buat beli tiket, selektiflah memilih! kalo gue sih punya travel agent favorit, bukan promo yah tapi emang bener ini travel agent lebih murah dari yang lain , namanya TX travell, cabangnya banyak, harga tiketnya sama kayak di online, cuma kita kena cas admin 25rb doang per-tiket.

Buat tahun depan, pesen dari akhir 2012 kemaren berangkat 2014, keren kan!

2. Jangan takut ga punya tempat buat tidur
Kata siapa kita wajib booking hotel pas travelling? Buktinya gue enggak tuh. percaya ga percaya, di Malaysia gue dan mas bruno numpang di apartement bule yang ada fasilitas gym, pool, sebelahan sama mall, strategis karena deket stasiun. yang kalo itu diibaratkan hotel, dah masuk hotel mahal karena fasilitas lengkap dan strategis. tapi, gue malah dapet inepan gratis dikasih tips jalan-jalan ke malaysia pulak!!! *baca posting gue sebelumnya tentang malaysia*
di Bangkok, gue juga ga booking hostel via internet yang pake kartu kredit karena gue emang belum punya, caranya????
gue telpon no hostelnya terus booking -____-biar ga mahal nelponnya pake kartu "Tiga".
itu aja hostelnya ga kepake ama gue dan mas bruno, soalnya di bangkok kita cuma semalem, nyampe hostel udah jam 11an karena keliling-keliling norak dulu ga pernah ngeliat bar jejeran kayak di khaosan road. nyampe di hostel mas bruno bukannya masuk malah leyeh-leyeh di depan hostel dulu karena hostelnya punya bilyard gratis. gue mandi siap2 jalan mas bruno masih asik leyeh-leyeh, akhirnya gue marahin die biar mandi terus jalan-jalan norak lagi di khaosan road. -___-
jalan-jalan norak ngabisin waktu yang lama, yang bikin kita ga ngerasa kalo udah subuh -____- akhirnya balik ke hostel ga ada ngantuk lagi soalnya punya plan jalan-jalan sekitaran grand palace pagi-pagi. mana ada tragedi kekunci dikamar ama babon betina mabok yang gue tolongin karena mabok ditangga yang bikin kita ga bisa lewat, eh malah badan babonnya yang bikin gue kekunci ama dia di kamarnya si babon. gue jejeritan, si mas bruno ngeobrak pintu ampe jebol -___- alhasil kita dimarahin.... akhirnya kita ketawa-tiwi nunggu pagi di depan hostel, tau gini gue ogah booking hostel -___-mending bobo di jalan dah -___-
Nah, kalo elo mau tau gue dapet dari mana tumpangan gue, gue nyari di couchsurfing.org , buka aja situsnya,  ga bakal rugi! di kl, di phuket, gue gretongan!!!
Nginep di bandara juga jadi opsi yang bagus, apalagi kalo bandaranya sekelas changi, ga rugi!!! walopun gue belum nyoba yang ini, tapi pengen banget dah nyobain dalam waktu dekat ini!


3. Jangan takut kesasar
ah.. kalo keluar ntar aku kesasar gimaaaanaaaa? PRET!!!
gue ama mas bruno berkali-kali kesasar tapi justru karena kesasar kita nemu tempat baru, dapet pengalaman baru. bahkan gue ama mas bruno pas di bangkok mau ke phuket kitanya kesorean. karena kita kelillig grand palace bablas ke wat arun,  MBK dan sekitarnya. -___- akibatnya dari info yang gue dapet dari salah satu kaskuser kalo naek bus itu dari stasiun utara (bodohnya gue, padahal phuket di selatan -___-, jelas bus dari sana dikit dan limited) pas gue sama brunomars kesana, kita ketinggalan bus, untung belom booking tiket. gue panik, berantemlah gue sama bruno mars, rusaklah plan gue ke tempatnya leonardo di caprio, gue dan mas bruno berantem sampe orang-orang tailan ngeliatin kita bentak-bentakan yang pastinya bagi mereka kayak bahasa alien. dan alhamdulillahnya, ditengah kepanikan kita berdua, kita ditolong bapak thailand yang super baik yang manggilin kita taksi buat ke statsiun selatan, tuh kan walopun gue ama mas bruno udah butek ga tau mau ngapain plan hampir gagal, kalo kita gak takut dan selalu positif, adaaaa aja jalannya :)

4. Jangan takut kemahalan
udah baca tips gue masih ngerasa takut kemahalan, takut kantong cekak, ga punya duit??? well, elo berarti harus mengasihani diri lo sendiri.... udah gede, ga punya duit? cari dong, jualan online kek, jadi guru private kek, apa kek yang halal buat modalin elo jalan. bakal kerasa banget loh kepuasan tersendiri waktu elo jalan pake duit sendiri!!! hari gini udah 20 tahunan masih ga bisa ngasilin duit itu tragis sekali, bener-bener tragis! no offense ya, tapi ya gitu.... so old banget kalo hari gini ga bisa nyari duit diumur elo yang segini..... (buat pembaca yang seumuran gue aja -___-, gue masih 17 tahun). kalo udah punya duit, tabung! sedikit-dikit, beli tiket yang kayak gambar diatas barusan dulu, wuihhhh pake duit sendiri, itu ga terbayar lah senengnya gimana!!! *tiba-tiba jadi emak-emak*


Nah, segitu dulu deh tips gue kali ini, intinya sometimes passion brings you bad things, but if you let it go, you will lost your best shot in your life!  jadi, semuanya ada di elo, kalo mau nurutin "passion" elo ya kadang-kadang bakal ada sesuatu yang buruk menimpa elo, tapi kalo passion itu gak elo turutin, elo bakal kehilangan hal terbaik dalam hidup lo, pilih mana?!!!
so start from now, jangan takut lagi buat travelling!!! apalagi elo cowo!!! kelaut aja deh, kalo masih mikir2 ga jelas!

sekiaaaan


3 comments:

Anonim mengatakan...

nice post cha

Arif Abdurahman mengatakan...

Ah Thailand, surganya backpacker ini mah.
Huuh euy travelling di negeri sendiri aja belum saya mah, masih rencana-rencana mulu nih.

channisara mengatakan...

saya malah belum banyak juga ke negeri sendiri :(
masih ngumpulin duit dulu deh buat di dalem negeri....
kesian ya saya

Posting Komentar

 

kasur busuk Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review