Selasa, 16 Juli 2013

persiapan pertama kali backpackeran ke luar negeri

backpackeran ke luar negeri?
yep...kali ini gue, penghuni kasur busuk ini bakal bagi2 tips gratis tentang persiapan backpackeran keluar negeri buat pertama kali... kok pertama kali? ya iyalaaaah, kalo elo udah kedua kali ketiga kali ke empat kali ngapain gue kasih tips -__- ngapain juga baca ini -____- unless elo emang ngefans ama gue darisono nya yak... jadi walopun backpackeran keluar negeri bukan hal yg baru buat elo, elo teteup mantengin posting ini sambil memandang bulan dan berimajinasi tentang kecantikan dan kekecean gue *oke, langsung di demo fpi*

nah, jadiiiiiii posting kali ini gue khususkan buat kalian semua yang kepengeeeeen banget keluar negeri, udah punya niat, tekad, dan nekad, tapi ga tau kudu ngapain, apa yang harus dipersiapin. kalo elo adalah orang yang memiliki kriteria niat tekad dan nekad tadi, elo harus baca posting ini dari awal sampe akhir. berbahagialah karena posting ini gue kasih gratis, besok harga naik! nah berikut adalah hal-hal yang elo sebaiknya persiapin kalo mau backpackeran keluar negeri:

1. backpack

ya iyalah kudu nyiapin backpack alias ransel, kalo elo nyipain koper namanya bukan backpackeran dong, tapi koperan -____-.  *garing* *kriiiiiiiiiiuk*
gak, ini serius, sebelum elo niatin backpackeran keluar, elo harus pastiin backpack yang gimana yang bakal nemenin elo. kalo gue sih, pas pertama kali kemaren, gue milih minjem backpack orang -____- abisnya gak punya duit buat beli sendiri, tapi alhamdulillah sekarang udah punya walopun sebenernya bukan beli sendiri juga, tapi dibeliin mas bruno -___-
kenapa backpack penting??? karena kalo kita pake backpack yg nyaman perjalanan kita pun bakal nyaman, termasuk perjalanan keluar. saran gue, kalo elo cuma mau ngiterin malaysia, thailand dll semingguan, ga usah pake backpack yang gede amat, kemaren gue pake yang ukuran 35L dengan berat sekitar 8 kiloan lebih, itu udah lebih dari cukup... ada baju yang ga kepake soalnya. 
dan berdasarkan pengalaman gue kemaren, backpack gue ga masuk bagasi, padahal beratnya melebihi standar kabin, walopun ga lebih-lebih amat. namanya juga backpacker kan, kalo mau bayar bagasi kan rugi hihihi, mending masukin kabin, toh petugasnya juga tau tas gue ga ganggu-ganggu amat kalo dikabin walopun yaaa rada susah masukinnya ke kabin -____-. yang jelas elo bakal hemat sekian ratus ribu lah kalo backpack elo bisa masuk kabin :)



2. paspor dan visa

mau backpackeran ke luar tapi ga punya paspor? bisa!!! keluar kota tapi yak.... :3
paspor itu penting banget, ktp internasional lah, elo wajib punya paspor kalo mau backpackeran ke luar negeri. cara bikin paspor ? gampang, tinggal ke kantor imigrasi. 
persyaratannya, ya standar lah, gue kemaren diminta akte kelahiran, ktp, kartu mahasiswa, kartu keluarga, sampe ijazah juga, semua difotokopi dan aslinya dibawa.... prosesnya makan 3 minggu bolak-balik tiap minggu, lama emang, tapi gue cuma bayar 250rb, kan backpacker, nyari yang paling murah dong yaaaaa
kalo mau cepet sih ya gitu, mana ada yang harganya 250rb, calonya banyak tuh... tour travel salah satunyaaa hihihi *peace*
nah kalo paspor udah kelar, elo bakal butuh visa, atau izin tinggal. beruntunglah, karena kalo emo cuma mau mengunjungin seputaran asean kaya malaysia, thailand, vietnam, elo ga perlu beribet ngurus visa, elo tinggal bawa passpor dan bawa muka yang diwajibkan tidak bertampang kriminal. taraaaaaaaaaa elo pun bisa melenggang kangkung ke negara-negara asen kuran lebih 30 hari.

3. itenerary
apaan tuh??? itenerary itu semacam jadwal perjalanan kita lah... karena judulnya ini pertama kali, elo kudu harus wajib siapin itenerary yang super lengkap, misal nih, hari ini elo mau kemana, jam berapa mau ngapaian, cara kesana nya gimana... ini memudahkan elo buat ngapa2in lah disana. jadi elo ga bakal buang-buang waktu, dan elo akan jauh dari kata kesasar, kecuali elo emang pengen kesasar -____-
dengan ada nya itenerary, elo juga bakal lebih disiplin dalam berbackpackeran ria. jadi, elo ga perlu nanya sana-sini berlebihan kalo elo punya itenerary yang lengkap. terus gimana cara bikinnya? gampang, elo googling dulu tempat-tempat yang elo mau datengin, cari tahu kapan bukanya, ada apa aja disana, gimana kesana. inget, jangan cuma dapet info dari satu web doang, carilah info sebanyak-banyaknya. nah, kalo elo males atau belom bisa bikin itenerary sendiri, elo bisa kok kontak gue di @channisaraa , gue buka jasa bikin itenerary murah kok, tapi cuma buat travelling ke bangkok, phuket, phi-phi island,  ama kuala lumpur dan sekitarnya ya hihihi *promosi* *duitnya buat modal jalan-jalan*

4. pakaian

ya iyalah pakaian, emang elo mau naked pas jalan-jalan -____-
gini, pakaian maksud gue disini, elo kudu bisa memilih dan memilah baju mana aja yang elo mau bawa. bawa jaket bulu dengan motif leopard berbahan jeans itu ga perlu kalo elo mau travelling di phuket. ngapain elo pake gituan di pantai, kecuali kecuali elo kerja di salah satu bar disono yehhh hihihi *piss*. berdasarkan pengalaman gue, gue cuma bawa baju berbahan kaos yang ringan. jeans? cuma bawa satu itu pun dipake pas pergi, hemat tempat di ransel dong. :) jilbab? cuma 3, itupun yang ga perlu disetrika dan warnanya warna netral semua. sepatu? gue bawa sepatu kets ama sendal karet  doang.  rok? bwa satu yang bahan sifon buat gaya2 an di pantai hahahahahhaa.
nah, cara packing nya juga elo perlu perhatiin, kalo gue sih ya, karena gue ini orangnya rada jorok dan ga beraturan, gue kemaren packing baju gue berdasarkan hari.
jadi, misalnya nih hari senin, gue kudu pake apa aja, gue siapin semua bajunya, dalemannya, terus gue satuin dalam kantong kresek. gue kasih tulisan senin. berhubung mau hemat tempat, kemaren gue pake baju buat 2 kali misal senin ama kamis, jadi ada jeda selasa ama rabu buat nyuci bajunya atau setidaknya di angin2in biar ga bau. gue juga sedia kantong kresek buat nyimpen baju yang kotor yang ga sempet dicuci, biar ga ngotorin baju yang bersih. bawa tupperware ato botol minum juga yang diisi daleman, pas dalemannya dipake tempatnya bisa jadi wadah minum atau wadah makanan buat bekal hihihihi.

nah sekian deh dari gue tips-tipsnya.....
memang banyak kalo mau dijabarin satu-satu. tapi gue males capek hihiiii
jadi intinya balik lagi ke persiapan yang matang, punya duit ga punya persiapan, ga bakal jadi liburan yang indah guys... selamat jalan-jalan :)

0 comments:

Posting Komentar

 

kasur busuk Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review